Langsung ke konten utama

PENGANTAR WEB SCIENCE

Pendahuluan
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi kini senantiasa mengalami peningkatan pesat pada pemanfaatannya yang semakin beragam menyesuaikan dengan kegiatan-kegiatan manusia yang modern dan canggih. Salah satu aspek yang menjadi sorotan utama saat ini
adalah penggunaan teknologi informasi dan komunikasi sebagai media informasi dan promosi.
Media promosi tidak lagi terbatas pada media cetak, elektronik berbasis televisi dan radio dengan harga yang mahal, namun ada sebuah alternatif lain dengan biaya murah yang sangat mungkin dijangkau adalah dengan memanfaatkan internet, selain jangkauan yang luas mendunia, internet juga memungkinkan pemilik usaha dan layanan bisa langsung berinteraksi dengan calon klien. Salah satu cara yang dilakukan dalam penggunaan internet adalah membangun sebuah website. Internet merupakan salah satu media pemasaran yang bersifat global, dimana sebuah informasi dapat secara cepat dan mudah untuk diperoleh dan disebarluaskan. Selain sebagai sarana promosi internet juga menyediakan informasi tentang sebuah lembaga itu sendiri.

Sejarah Website
Website bermula di CERN di kota Geneva.CERN adalah organisasi riset nuklir.Tim Berners Lee seorang mahasiswa lulusan fisika mengajukan proposal untuk menegemen informasi untuk menunjukan bagaimana data dan informasi dapat dipindahkan melalu sebuah jaringan internet dengan menggunakan beberapa bentuk hypertext.sebelum datang ke CERN tim sudah mengerjakan aplikasi produksi pengolahan dokumen teks dan mengembangkan sistem pertamanya yaitu Eenquire pada tahun 1980 untuk digunakan secara pribadi.
Di tahun 1990 an perkembangan teknologi komunikasi sudah mengindikasikan bahwa WEB pasti akan diciptakan untuk awal mula hypertext menjadi mode dan digunakan pada komputer dan ada DNS telah memudahkan user untuk mengatur alamat mesin internet.
Seiring berkembangnya zaman intenet telah resmi digunakan setelah beberapa tahun jaringan internet tersebut di perbarui terus menerus agar layak digunakan,dan sekarang seperti yang kita kenal banyak sekali search engine yang sering kita gunakan seperti google,yahoo bing dan lain lain.

Pengertian Website
Website merupakan fasilitas internet yang menghubungkan dokumen dalam lingkup lokal maupun jarak jauh. Dokumen pada website disebut dengan web page dan link dalam website memungkinkan pengguna bisa berpindah dari satu page ke page lain (hyper text), baik diantara page yang disimpan dalam server yang sama maupun server diseluruh dunia. Pages diakses dan dibaca melalui browser seperti Netscape Navigator atau Internet Exploler berbagai aplikasi browser lainnya.

Perkembangan website
Pada tahun 1957 ARPA ,Amerika Serikat mengembangkan jaringan komunikasi terintegerasi yang saling menghubungkan keperluan militer hal ini terjadi karena adanya perang dingin antara AS dan Unisoviet. Penemuan ARPA pada packet switching pada tahun 1960 menjadi awal terbentuknya website dan jaringan internet. Metode dimana pengiriman pesan yang dapat dipecah dalam paket kecil  lalu metode tersebut digunakan secara legal pada tahun 1969 dan pada tahun itu juga Departemen Pertahanan Amerika Serikat mengadakan riset tentang bagaimana cara menghubungkan komputer sehingga membentuk jaringan organik.pada tahun 1970 sudah lebih dari 10 komputer terhubung dan mereka bisa berkumunikasi lalu ARPA merancang protokol TCP/IP dan disinlah awal dari sejarah website setelah sudah legal dan semua berjalan lancar maka muncul sebuah search engine untuk para user mencari informasi dan berkomukasi seperti yahoo,google,bing dan sebagainya.

Arsitektur Website
Arsitektur website merupakan perancangan website dimana untuk membuat suatu web yang fungsional untuk user yang akan menggunakannya. Membuat website harus menggunakan sebuah seni dan desain agar user tidak bosan ketika menggunakannya.membuat sebuah website juga membutuhkan aspek aspek penting dan memperhatikan desain pada website itu sendiri seperti kita ingin membuat website yang memiliki nuansa modern,metal atau seni dan tidak lupa saat membuat website kita harus memperhatikan estetika keindahan web tersebut agar desain dan fungsi dari website tersebut tidak berbanding terbalik. Web arsitektur dapat mempercepat dengan cara pengenalan web yang menekankan aspek visual dan structural dari konten dalam suatu website tersebut. Strukturalisme merupakan bagian penting dalam arsitektur web yaitu pendekatan metodologis yang mempengaruhi disiplin teoritis seperti estetika teori kritis dan kemudian melibatkan user generated content, dan memberikan bimbingan pada arsitektur web tersebut.
Informasi yang didapat pada internet
1.Internet sebagai sumber berita
Internet juga bisa menjadi teman kita saat bekerja untuk mendapatkan berita-berita aktual. Buka situs-situs berita, seperti http://www.detik.com atau http://www.kompas.com. tidak hanya itu, disini kita bisa mendapat manfaat lain seperti komunitas (forum), download games, hingga konsultasi. Selain berita, internet menjadi media hiburan.
kunjungi situs-situsnya  di internet seperti youtube, okezone, dan kapanlagi.com.
Situs-situs ini bisa menjadi teman setelah penat beraktivitas seharian. Agartidak disebut gaptek (gagap teknologi), kunjungi situs-situs iptek. Informasi-informasinya dijamin membuat kita selalu update pada segala macam yang terjadi saat ini.

2.Pendidikan
Internet juga dimanfaatkan sebagai media pembantu pendidikan seperti pada jaman sekarang internet sudah menjadi media belajar bagi siswa maupun mahasiswa banyak website yang diakses untuk mempelajari mata pelajaran dan mata kuliah dan menyediakan fasilitas fasilitas yang digunakan untuk mengasah ilmu maupun untuk sekedar mencari dan memperluas pengetahuan. Dan intenet juga sudah digunakan untuk menseleksi siswa/I yang ingin masuk ke perguruan tinggi seperti fasilitas SBMPTN misalnya yang sudah bekerja sama dengan kementrian pendidikan Indonesia.

Kelebihan Website
-Jangkauan yang luas
-Bisa diakses dimana saja dan kapan saja
-Akses Informasi yang sangat mudah
-Sebagai media publikasi
-Sebagai Media marketing dan lading bisnis

Kekurangan dari pengguna website
SPAM
-Kredibilitas
-Penyalahgunaan bisnis online seperti penipuan
-Penyebaran Informasi yang kadang salah dan tidak valid
-Penyalah gunaan website yang tidak semestinya seperti pornografi

Daftar Pustaka
(Hakim Lukmanul. 2004 : Cara Cerdas Menguasai Layout, Desain, dan Aplikasi)
Khotijah Sadiyah. 2012. Web Arsitektur di http://www.unpas.ac.id

Komentar

Postingan populer dari blog ini

contoh program array, hash,range dan fungsi ruby

 LISTING LOGIKA Angka = [ ] sebagai variable dari “Masukan Banyak Angka”   yang akan menangkap dari gets yang dimasukkan user dan hasilnya akan disimpen ke variable angka . Print “Masukan Banyak Angka : “ adalah meng print, lalu output yang akan keluar pada bagian dari kata dalam petik dua (“…”) . jml = gets.to_i sebagai nama variable dalam variable angka, berapa banya yang diinginkan dari user, gets yang terdapat pada variable nama tersebut akan menangkap teks yang dimasukkan user, tetapi karna gets tersebut memiliki. To_i adalah angka yang diberikan dari user akan di berikan ke i . for I in 0.. jml -1 program fungsi yang terdapay pada ruby, dalam kondisi perulangan for yang dimana perulangan yang didalamnya menentukan range. Print “Masukkan data ke-“,i,” :   “ data dari yang akan di outpu pada tanda petik 2 dan mengeluarkan atau mengoutout data hasil dari I itu yang sudah di ditentukan dari hasil perulangan pada range. angka[ i ] = gets.to_i menampilk...

contoh kondisi program ruby

     LISTING LOGIKA Print “Masukan Angka : “ adalah meng print atau output yang keluar pada bagian kata dalam petik dua (“…”) . x = gets.to_s sebagai nama variable dalam variable nama, gets yang terdapat pada variable nama tersebut akan menangkap tidak hanya teks yang dimasukkan user tetapi juga enter, teatpi karna gets tersebut memiliki. To_i adalah angka yang diberikan dari user akan di berikan ke i . puts Fungsi puts pada Ruby digunakan untuk mencetak apa yang tertulis setelah tanda petik, perintah puts akan menambahkan karakter newline(‘\n’) pada akhir string dan parameternya harus string, tapi pada puts di bagian ini adalah pada bagaian data yang berpetik dua atau bentuknya seperti (“….”) maka akan mencetak . print “Masukan nilai genap/ganjil dari 1 sampai “,x,”\n” : “ maka akan menghasilkan output atau meng print data yang ber petik dua, pada saat hasil telah ditelah di tentukan  . for i in 1..x pada program ini memakai kondisi perulang...